Wawasan anak muda Indonesia dalam berkarya

Angkot Modern

by Unknown , at 07:43 , has 0 comments

 ANGKUTAN KOTA YANG BERSIH DAN NYAMAN



 Angkutan kota atau biasa disingkat Angkot atau Angkota adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.


 Tarif yang dibebankan kepada penumpang bervariasi tergantung jauhnya jarak yang ditempuh. Umumnya sebuah angkutan kota diisi oleh kurang lebih 10 orang penumpang, tetapi tidak jarang penumpangnya hingga lebih dari 10 orang. Perilaku sopir angkutan kota yang sering berhenti mendadak dan di sembarang tempat sering dihubung-hubungkan dengan penyebab kemacetan. Terkadang juga sebuah angkutan kota selalu menepi dengan waktu yang lama untuk menunggu penumpang.Jalur operasi suatu angkutan kota dapat diketahui melalui warna atau kode berupa huruf atau angka yang ada di badannya.


 Supaya mempunyai daya tarik tersendiri dalam mencari penumpang, para sopir angkot ini berinisiatif memodifikasi angkotnya. 
 Awal mula angkot hanya dihias dengan stiker superbesar di kaca belakangnya atau ditambah bumper di depannya yang dicat warna seronok. setelah itu merambah deh stiker-stiker itu ke kaca depan, kaca samping, bodi samping mobil, bahkan pelek. kalaupun tidak dipenuhi stiker, kacanya pun yang berwarna gelap, sehingga tampak lebih “mahal”. kadang gambar-gambar atau tulisan dekorasi itu bukan hanya stiker yang ditempel, tapi juga dicat.

angkot macam ini tidak lengkap tanpa sound system yang canggih. lagu-lagu di angkot hampir selalu bisa terdengar ke luar. bahkan dari jarak 50 meter. lagunya beragam dari dangdut, dangdut disko, pop, rok, disko, alternatif, barat dan indonesia dll. 


 


 Entah sadar atau tidak, sopir-sopir angkot ini telah mengamalkan integrated marketing system yang mungkin tidak pernah dipelajarinya di bangku kuliah. Memang sopir-sopir itu berinisiatif menghias angkot mereka, karena didorong persaingan. menyetir angkot dengan hiasan keren, ternyata merupakan prestise bagi sopir-sopir itu. lagipula, hiasan di angkot toh berhubungan dengan jumlah penumpang. kalau ada dua angkot ngetem; yang satu dihias dan yang satu tidak, maka penumpang akan memilih yang dihias. maka tersingkirlah orang-orang yang masih berpikir kalau menghias angkot cuma added-value, karena menghias angkot adalah investasi.

 Jika saja semua pemilik angkot se Indonesia mempunyai keberanian, kreatifitas dan integrated marketing seperti itu, maka angkot yang ada di seluruh nusantara akan semakin terlihat asri nan unik sesuai dengan keunikan daerah masing-masing.


Angkot Modern
About
Angkot Modern - written by Unknown , published at 07:43, categorized as angkutan umum modern . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Makde Udin Kediri by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger